Jumat, 20 Juli 2012

8 Potensi Kreativitas



     Manusia diciptakan Allah SWT dengan segenap kelengkapan yang ia bawa ketika lahir di dunia. Salah satu kelengkapan yang unik dan membedakan ia dengan makhluk manapun di dunia adalah akal. Akal manusia membuat mereka memiliki kemampuan untuk berkembang serta menghasilkan berbagai macam karya untuk kehidupannya menjadi lebih bahagia dan bermakna.
     Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sebagai wujud dari kemampuan manusia untuk senantiasa melakukan perubahan menuju sebuah kemajuan. Allah SWT telah mencukupi  manusia secara sempurna. Di alam raya tempat manusia tinggal, maka disediakanlah berbagai macam kebutuhan manusia seperti udara untuk bernafas, tanah untuk keindahan, irama bunyi untuk keharmonisan dan masih banyak lagi. Dan dalam dirinya secara pribadi Allah tidak juga hendak membiarkan hamba – Nya hidup di dunia ini tanpa perangkat / bekal yang cukup, maka diciptakanlah manusia dengan segala kesempurnaan.
     Salah satu hal yang membedakan manusia dengan banyak makhluk Allah lainnya adalah potensi kreatif yang melekat pada dirinya. Potensi ini telah diberikan sejak manusia lahir ke muka bumi. Potensi aktif adalah sebuah sumber daya yang dimiliki manusia dengan memanfaatkan sebesar-besarnya kekuatan akal dan fitrahnya untuk menciptakan banyak karya dikehidupannya.

Ada 8 potensi kretif yang terdapat pada diri manusia:
1.  Linguistik atau Verbal, yaitu kemampuan untuk mengolah data dalam bentuk tulisan ataupun ujaran contoh orang yang memliki potensi ini adalah Bung Karno, Yusuf Qhardawi, W.S. Rendra, Chairil Anwar, dan N.H. Dini.
2.     Logika atau matematika yaitu kemamuan untuk mengolah sistem angka dan konsep logika , contoh orang yang memiliki potensi ini adalah Bill Gates, B.J. Habibie, dan Adnan Buyung Nasution.
3.   Ruang atau tempat yaitu kemampuan untuk mengamati dan mengolah pola pola desain. Contoh orang yang memiliki potensi ini adalah : Pablo Picasso, dan Basuki Abdullah.
4.    Musik, yaitu  kemampuan untuk memahami dan mengolah konsep-konsep musik seperti nada, ritme dan harmoni. Contoh orang yang memiliki potensi ini adalah Raiha, Mozart, dan Idris Sardi.
5.     Gerakan tubuh, yaitu kemampuan untuk menggunakan tubuh dan gerakan, seperti dalam olahraga dan tarian. Contoh orang yang memiliki potensi ini adalah Michael Jorndan, Rudi Hartono, dan Zinade Zidane.
6.   Intrapersonal, yaitu kemampuan untuk memahami perasaannya sendiri dan menjadi seseorang yang refelktif dan filosofis. Contoh orang yang memiliki potensi ini adalah Muhammad Al Ghazali, dan Sayyid Hawwa.
7.    Interpersonal, yaitu kemampuan untuk memahami perasaan orang lain dan pikiran serta perasaan mereka. Contoh orang yang memiliki kemampuan ini adalah Bu Kasur, dan Abdullah Gymnastiar.
8.  Transendental yaitu kemampuan untuk melihat relasi antara dirinya dengan kekuatan di luar dirinya. Contoh Buya Hamka, Abdullah A’ La Maududi, dan Hasan Al Banna.
Seorang profesor pendidikan dari Universitas Harvard, Howard Gardner, menyimpulkan dari hasil penelitian bahwa semua orang memiliki ke-delapan potensi tersebut. Hanya saja ada orang yang percaya bahwa dirinya kreatif dan ada orang yang percaya bahwa dirinya tidak kreatif. Ketika anda percaya pada ide – ide anda, anda akan memiliki kegigihan untuk mewujudkannya.

Ingatlah :
You were born creative and you are creative. And you can be creative anytime you want.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar